I LOVE INDONESIA

I LOVE INDONESIA

Kamis, 13 Oktober 2011

Belajar Pembelajaran Adm.Perkantoran


BELAJAR PEMBELAJARAN AP
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. H. Abdul Madjid Latief, MM, M.Pd.




Disusun Oleh : Siti sofiah (1001105060)


PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA
2011





KATA PENGANTAR
          Puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA yang begitu besar sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar”.
            Makalah ini dikerjakan untuk melakukan tugas yang diberikan oleh Dosen kami yang bernama Prof.Dr.H. Abdul Madjid Latief, MM, M.Pd.  pada jurusan Ekonomi Administrasi Perkantoran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.
            Dalam penyelesaian makalah ini,penyusunan telah mendapatkan dukungan,bimbingan batuan dan saran dari berbagai pihak.Penyusun mengucapkan trima kasih kepada:
            1.Bapak Prof. Dr. H. Abdul Latief, MM, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan  waktu  dalam kesibukan beliau dan dengan sabar memberikan arahan,pengetahuan serta bimbingan kepada penyusun sehingga sangat membantu dalam pembuatan makalah ini.
            2.Teman-teman yang telah membantu serta berkerja sama selama ini.
            3.Kepada semua pihak yang telah banyak  membantu penyusun.
Secara khusus penyusun ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak,ibu dan juga keluarga yang telah sabar memberikan bimbingan dan dukungan sekaligus esbagai pendorong utama untuk dapat menyelesaikan makalah ini.
            Akhirya penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna.karena itu saran kritik dan masukan dari berbagai pihak sangat penyusun harapkan.



Jakarta 04 Oktober 2011

 Penyusun                                                      
                                                                                                                                
                                                                                   
A.    PENDAHULUAN
Dalam suatu lembaga pendidikan keberhasilan proses belajar-mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil belajar tersebut merupakan prestasi belajar peserta didik yang dapat diukur dari nilai siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru pada saat evaluasi dilaksanakan. Keberhasilan pembelajaran di sekolah akan terwujud dari keberhasilan belajar siswanya. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam individu maupun dari luar individu. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat memberikan dukungan yang positif dalam belajar, namun dapat juga menghambat proses belajar. Hambatan-hambatan yang terjadi berakibat pada hasil belajar individu yang mengalami proses belajar tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Keadaan-keadaan tersebut berdampak pada timbulnya masalah pada proses belajar selanjutnya. Motivasi belajar siswa yang rendah akan menjadi hambatan yang sangat berarti pada proses pembelajaran, karena dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.


B.     FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR
Secara umum factor-faktor yag mempengaruhi proses hasil belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu factor internal dan factor eksternal . kedua factor tersebut saling memengaruhi dalam proses individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar. 
1.      Factor intern adalah factor yang ada dalam diri individu yang sedang beljar. Factor intern terbagi menjadi   3 faktor yaitu factor jasmaniah,psikologis dan kelelahan.
a.       Factor jasmaiah meliputi:
1.      Factor kesehatan
Sehat berarti badan dalam  keadaan baik dan bebas dari penyakit. Proses belajar sangat tergantung pada kesehatan. Agar seorang dapat belajar dengan baik haruslah mengusahakan kesehatan badannya dengan cara mengatur pola hidup.
2.      Cacat tubuh
Cacat tubuh adalah keadaan yang menyebabkn kurang baik pada tubuh kita. Keadaan cacat tubuh mempengaruhi kegiatan belajar siswa.
b.      Factor psikologis
Ada beberapa factor yng mempengaruhi psikologis antara lain :
1)      Intelegensi dan perhatian.
Menurut I.P Chaplin intelegensi adalah kecakapan yang terdiri dari 3 jenis yaitu kecakapan menghadapi sesuatu dengan cepat dan efisien,menggunakan konsep abstrak secara efektif,mengetahui relasi dan mempelajari dengan cepat. Pada umumnya kecerdasan diartikan sebagai kemempuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsaganan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat.

2)       Minat
Adalah kecenderunagn yang tetap mengenang beberapa kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar karena jika pelajaran yang dipelajari tidak sesuai minat siswa tidak akan belajar dengan sebaik baiknya. Menurut Reber (Syah, 2003) minat sama halnya dengan kecerdasan dan motivasi, karena memberi pengaruh terhadap aktivitas belajar, Oleh karena itu dalam konteks belajar di kelas, seorang guru atau pendidik lainnya perlu membangkitkan minat siswa agar tertarik terhadap materi pelajaran yang akan dihadapainya atau dipelajaranya.
Untuk membagkitkan minat belajar tersebut, banyak cara yang bisa digunakan. Anatara lain, pertama, dengan mebuat materi yang akan dipelajarai semenarik mingkin dan tidak membosankan, baik dari bentuk buku materi, dan pembelajaran yang membebaskan siswa mengeksplor apa yang dipelajari, melibatkan seluruh domain belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotorik) sehingga siswa menjadi aktif, maupun performansi guru yang menarik saat mengajar. Kedua, pemilihan jurusan atau bidang  studi. Dalam hal ini, alangkah baiknya jika jurusan atau bidang studi dipilih sendiri oleh siswa sesuai dengan minatnya.
3)      Bakat
Secara umum, bakat (aptitude) didefinisikan sebagai kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang (Syah, 2003). Berkaitan dengan belajar, Slavin (1994) mendefinisikan bakat sebagai kemampuan umum yang dimilki seorang siswa untauk belajar. Dengan demikian, bakat adalah kemampuan seseorang menjadi salah satu komponen yang diperlukan dalam proses belajar seseorang. Apabila bakat seseorang sesuai dengan bidang yang sedang dipelajarinya, maka bakat itu akan mendukung proses belajarnya sehingga kemungkinan besar ia akan berhasil.
4)      Motif
Menurut James Drever motif adalah erat  hubungan dengan tujuan yang akan dicapai. Di dalam menentukan tujuan itu dapat disadari atau tidak akan tetapi untuk mencapai tujuan itu perlu berbuat sedangkan yang menjadi berbuat itu adalah motif itu sendiri sebagai alat penggerak atau pendorong.
5)      Kematangan
Kematangan adalah suatu tingkat atau fase dalam pertumbuhan seseorang dimana alat alat pada tubuhnya sudah siap sudah siap dalam melaksanakan kecakapan baru. 
6)      Kesiapan
Kesiapan menurut james Driver adalah kesediaan untuk member respon atau beraksi.
c.       Factor kelelahan
Factor kelelahan dapat dibedakn menjadi 2 yaitu  : kelelahan jasmani dan rohani.kelelahan jasmani terlihat dari lunglainya tubuh dan keinginan untuk membaringkan tubuh, sedangkan kelekahan rohani dapat dilihat dari kelesuan dan kebosanan sehingga minat dan keinginan seseorang untuk menghasilkan sesuatu hilang. Kelelahan dapat mrempengaruhi belajar siswa,oleh sebab itu usahakan jangan sampai para siswa kelelahan.
2. Factor ekstern yaitu factor dari luar individu yang sedan belajar.
    Factor ekstern terbagi menjadi beberapa factor antara lain :
Factor keluarga
a.       Cara orang tua mendidik : besar pengaruhnya terhadap belajar anaknya.   karena keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama.
b.      Relasi antar anggota keluarga : yang terpenting adalah relasi orang tua dan anak juga dengan saudara atau anggota keluarga.
c.       Suasana rumah :suasana rumah dimaksudkan sebagai situasi atau kejadian yang sering terjadi di dalam keluarga dimana anak berada dan beajar. Dan suasana rumah factor terprnting yang tidak di sngaja.
d.      Keadaan ekonomi keluarga :keadaan ekonomi keluarga berpengaruh karena untuk pemenuhan kebutuhan selama ia belajar.
e.       Pengertian orang tua.
f.       Latar belakan kebudayaan : tingkat kebudayan dan kebiasaan mempengaruhi sikap anak dalam belajar.
Factor sekolah
Ada beberapa factor sekolah yang mempengaruhi belajar antara lain :
a.       Metode mengajar yaitu cara yang baik dan efektif serta efisien yang dilalui dlam belajar.
b.      Kurikulum yaitu sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa.
c.       Relasi guru dengan siswa yaitu adanya interaksi yang baik antara siswa dan guru.
d.      Relasi yang baik antara siswa dngan siswa yaitu interaksi yang baikantara siswa dengnsiswa yang lainnya.
e.       Disiplin sekolah yaitu berkaitan dengan kehadiran semua warga  yang ada di sekolah.
f.       Alat pelajaran yaitu kelengkapan yang dipakai dalam proes belajar mrengajar demi kelancaran kegiatan.
g.      Waktu sekolah yaitu : waktu terjadinya proses belajar mengajar di sekolah.
h.      Tugas rumah yaitu: waktu belajar adalah disekolah dan dirumah siswa harus nya mengerjakan pekerjaan yng lain dan guru diharapkan untuk tidak banyajk memberikan tugas.
3.      Factor masyarakat
Factor masyarakat juga berpengaruh terhadap belajar siswa. Pengaruh ini terjadi karena keberadaan siswa dalam masyarakat.
Factor msyarakat itu anatara lain adalah :
1.      Kegiatan siswa dalam masyarakat
Kegitan siswa dalam masyarakat harus di batasi jangan sampai ,engganggu waktu belajar.
2.      Media massa
Siswa perlu mendapat bimbingan dan control dalam penggunaan media masaa baik cetak maupun elektronik.
3.      Teman bergaul
Pengaruh adri teman bergaul siswa lebih lebih cepat masuk ke dalam jiwanya dari pada yang kita duga. Teman bermain yang baik akn berpengruh baik begitu pula sebaliknya.
4.      Bentuk kehidupan masyarakat.
Kehidupan masyarakat juga berpengaruh terhadap siswa  maka dari itu perlu untuk mengusahakan lingkungan yang baik agar dapat memberikan pengaruh yang baik bagi suwa sewhingga dapat belajar dengan sebaik-baiknya.

Pilihan ganda
1.      Factor yang mempengaruhi belajar di bedakan menjadi 2 golongan yaitu…
a.      Intern dan ekstrn.
b.      Primer dan sekunder.
c.       Sekunder dan tersier.
d.      Intern dan sekunder.
2.      Factor intern yang mempengaruhi belajar terbagi menjadi 3 yaitu…
a.       Jasmani,keluarga dan sekolah.
b.      Jasmaniah,psikologis dan kelelahan.
c.       Kelelahan,jasmaniah dan sekolah.
d.      Keluarga,rohani,jasmani.
3.      Factor ekstern yang mempengaruhi belajar terbagi menjadi 3 yaitu …
a.       Jasmani,keluarga dan sekolah.
b.      Keluarga,kelelahan dan rohani.
c.       Keluarga,sekolah dan masyarakat.
d.      Sekolah,masyarakat dan jasmani.
4.      Didalam factor intern terdapat factor jasmaniah yang tebagi lagi menjadi beberapa factor antara lain adalah…
a.       Factor suasana rumah dan latar belakang ekonomi.
b.      Cacat dan gelasi guru dengan siswa.
c.       Kurikulum dan cara mendidik.
d.      Kesehatan dan cacat tubuh.
5.      Didalam factor intern terdapat factor psikologis yang tebagi lagi menjadi beberapa factor antara lain adalah…
a.      Intelegensi,perhatian dan minat.
b.      Minat,bakat dan kesehatan.
c.       Cacat tubuh,jasmani dan minat.
d.      Motivasi,kesiapan dan cacat tubuh.
6.      Di dalam factor eksternal yang mempengaruhi belajar terdapat factor keluarga yang di bagi lagi menjadi 3 unsur antara lain adalah…
a.       Cara mendidik,suasana rumah dan kesehatan.
b.      Cara mendidik,latar belakang ekonomi dansuasana rumah.
c.       Kurukulum,suasana rumah dan relasi antar  guru dam siswa.
d.      Cacat tubuh,suasana rumah, dan  kurikulum.
7.      Kelelahan baik secara jasmani maupun rohani dapat dihilangkan dengan cara…
a.       Memakai obat-obatan terlarang.
b.      Beajar hingga larut malam.
c.       Tidur dan beristirahat.
d.      Makan makanan yang tidak bergizi.
8.      Didalam factor intern  terdapat factor psikologis yang terbagi lagi menjadi beberapa factor diantranya adalah …
a.       Cacat tubuh.
b.      Jasmani.
c.       Rohani.
d.      Bakat.
9.      Menurut Hilgard bakat adalah ….
a.      Kemammpuan untuk belajar.
b.      Antusias dalam berfikir.
c.       Hal negative yang ada pada diri manusia.
d.      Kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang kegiatan.
10.  Masyarakat merupakan factor eksren yang mempengaruhi belajar siswa, pengaruh tersebut terjadi karena…
a.       Keberadaan siswa dalam rumah.
b.      Keberadaan siswa dalam masyarakat.
c.       Keberadaan siswa dalam kelas.
d.      Keberadaan siswa dalam keluarga.
11.  Factor intern adalah…
a.       Factor yang terdapat diluar diri individu.
b.      Factor yang terdapat diluar dan didalam individu.
c.       Factor yang terdapat didalam diri individu.
d.      Factor terdapat di dalam dan di luar diri indivdu.
12.  Factor ekstern adalah…
a.       Factor yang terdapat dalam diri individu.
b.      Factor yang terdapat dilaur dan dalam individu.
c.       Factor yang terdapat didalam dan diluar individu.
d.      Factor yang terdapat diluar diri individu.
13.  Metode mengajar adalah…
a.      Suatu jalan atau cara yang harus dilalui didalam mengajar.
b.      Sebuah kegiatan yang diberikan kepada siswa.
c.       Proses belajar mengajar.
d.      Factor-faktor yang mempengaruhi belajar.
14.  Kurikulum adalah…
a.      Proses belajar mengajar.
b.      Sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa.
c.       Factor yang mempengaruhi  belejar.
d.      Suatu jalan atau cara yang dilalui dalam mengajar.
15.  Kelelahan di bedakan menjadi 2 yaitu…
a.       Kelelahan jasmani dan tubuh.
b.      Kelelahan rohani dan psikis.
c.       Kelelahan jasmani dan rohani.
d.      Kelelahan psikis dan rohani.

 
C.     KESIMPULAN
Factor yang mempengaruhi belajar di bedakan menjadi 2 golongan yaitu:Factor intern adalah factor yang ada dalam diri individu yang sedang beljar.
Factor intern terbagi menjadi 3 yaitu factor kesehatan,cacat tubuh,dan factor kelelahan.
Factor ekstern yaitu factor dari luar individu yang sedan belajar.
actor ekstern terbagi menjadi beberapa factor yaitu factor keluarga,factor sekolah dan factor masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA
B. Uno, Hamzah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Prawiradilaga,Dewi Salma. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Prenada  Media Group.
Slameto.1988.Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar